Respon Cepat Atasi Banjir, Pemkab Bekasi Angkat Lumpur dan Sampah di Kali Cibalok

banner 468x60

Oleh:H.Razali Berabo
Mar : 9 – 2023

Cikarang Utara – berabonews.com

Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK), melakukan pengerukan lumpur dan mengangkat sampah di aliran Kali Cibalok, Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara.

Banyaknya sampah dan pendangkalan di Kali Cibalok menjadi penyebab banjir di Kp. Kaliulu Desa Tanjungsari dan Cluster Sakura Perumahan Grand Cikarang City, Desa Karangraharja, seperti yang terjadi pada akhir Februari lalu, kata Camat Cikarang Utara, Enop Can, pada Kamis (9/3/2023).

Dia mengatakan, pengerukan Kali Cibalok merupakan respon cepat Pemkab Bekasi dalam mengatasi permasalahan banjir, yang dikerjakan mulai 7 Maret lalu dengan menurunkan alat berat excavator dari Dinas SDABMBK.

Alhamdulillah Kali Cibalok sudah dikeruk dari dua hari yang lalu, yang dikerjakan Dinas SDABMBK dengan mengerahkan dua alat berat excavator, katanya.

Dirinya berharap, Kali Cibalok, selain dinormalisasi, juga dilakukan pemasangan turap atau peninggian bantaran kali, agar tidak meluap dan menyebabkan banjir.

Karena Kali Cibalok itu pinggirannya rendah, sehingga ketika musim hujan, airnya meluap ke pemukiman warga. Insya Allah setelah dinormalisasi, saluran airnya lancar dan tidak terjadi banjir lagi, terangnya.

Terkait banyaknya lumpur dan sampah yang harus diangkat, Enop Can mengimbau kepada warga untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya, dan tidak membuang sampah ke sungai atau saluran air.

Sampah dan lumpur sudah diangkut, tinggal kita jaga agar lingkungan dan saluran air kita bersih dari sampah, sehingga tidak lagi mengakibatkan banjir di wilayah Cikarang Utara, katanya.(ADV)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *