BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan 4 Posko Kolaborasi Di Jalur Mudik

banner 468x60

Oleh : H.Razali Berabo
Apr   : 18 – 2023

Tambun Selatan – berabonews.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi membuka Posko Kolaborasi pada arus mudik lebaran hingga arus balik mendatang. BPBD bersinergi dengan berbagai instansi terkait dalam rangka meningkatkan antisipasi penanggulangan bencana pada masa Idul Fitri tahun 2023 sesuai arahan BPBD Provinsi Jawa Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis mengatakan, pihaknya membuka sebanyak empat posko kolaborasi yang tersebar di sepanjang jalur pantura hingga perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Karawang. Posko BPBD Kabupaten Bekasi merangkul dan melibatkan berbagai instansi terkait sehingga dapat memberikan berbagai pelayanan bagi para pemudik.

Hari ini kami melaksanakan apel kolaborasi yang melibatkan semua unsur, yang selama ini bersinergi bersama BPBD Kabupaten Bekasi diantaranya TNI-Polri, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Damkar, PMI dan para relawan penggiat kebencanaan dengan mendirikan posko kolaborasi, kata Muchlis, usai apel siaga BPBD di Museum Gedung Juang Tambun Selatan, Selasa (18/04/23).

Dia menjelaskan, hadirnya posko kolaborasi tersebut untuk mendukung Operasi Ketupat Jaya pada arus mudik dan arus balik lebaran 2023, dan sesuai arahan BPBD Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan pelayanan penanggulangan bencana pada masa Idul Fitri tahun 2023.

BPBD Kabupaten Bekasi memilih posko utama di halaman Museum Gedung Juang, dimana kawasan ini memiliki area kantong parkir yang luas dan terdapat sarana dan tersedia fasilitas pendukung.

Kami dirikan di sini dengan pertimbangan karena lokasi area parkirnya cukup luas sehingga apabila pemudik nanti mengalami kemacetan dan bersamaan dengan waktu istirahat atau kelelahan kami bisa arahkan ke sini, ujarnya.

Posko kolaborasi, kata Muchlis, juga didirikan di Halaman Kantor PMI Kabupaten Bekasi dan di PT. Indo Beras Unggul Kecamatan Kedungwaringin, perbatasan antara Kabupaten Bekasi dengan Karawang.

Dirinya mengimbau kepada para pemudik yang melewati jalur pantura Kecamatan Tambun Selatan agar bisa berhenti sejenak untuk beristirahat di posko kolaborasi BPBD.

Pihaknya juga akan menginformasikan posko-posko melalui sosial media agar bisa diketahui secara luas fasilitas dan pelayanan yang tersedia.

Kami berharap kegiatan kemanusiaan ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, khususnya para pemudik agar mereka dapat menikmati perjalanan dengan aman, nyaman dan lancar, terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bekasi, Dodi Supriadi mengatakan, di Posko Kolaborasi yang tersebar di empat titik jalur pantura tersedia berbagai pelayanan yang bisa dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat maupun menikmati fasilitas lainnya.

Selain itu di posko utama yang berada di Gedung Juang, pihaknya menyediakan mobil dapur umum untuk memasak kebutuhan para pemudik maupun jajarannya menjelang waktu berbuka puasa.

Di Posko utama ini tersedia ruang laktasi bagi ibu menyusui yang difasilitasi PMI Kabupaten Bekasi, kemudian dapur umum kami siapkan untuk memasak makanan bagi para pemudik yang menunggu berbuka puasa. Kami juga membagikan takjil maupun makanan kepada para pengendara yang melintas di jalur pantura Tambun Selatan ini, ujarnya.

Dodi menuturkan, meski personel BPBD diperbantukan untuk kelancaran arus mudik, namun pihaknya secara rutin berkoordinasi dengan para relawan di berbagai wilayah kecamatan mengingat curah hujan saat ini tidak menentu guna memastikan kesiapsigaan relawan di tingkat desa dan kelurahan

Kami terus melakukan pemantauan di berbagai wilayah dan berkoordinasi dengan Destana dan Katana maupun FPRB Kecamatan, agar selalu bersiaga kemudian melaporkan kepada kami situasi terkini sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan kita bisa segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan, ujarnya.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *