Posyandu Melati VIII Sukamekar Siap Ikuti Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Bekasi

banner 468x60

Oleh : Rizqy Baidawi B
May  : 26 – 2023

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap Posyandu Melati VIII Desa Sukamekar, Kecamatan Sukawangi.

Sukawangi – berabonews.com

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev)  terhadap Posyandu Melati VIII Desa Sukamekar, Kecamatan Sukawangi.

Tim monitoring dan evaluasi dari DPMD Dwi Sri Kusfita menyampaikan,  kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Posyandu) sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sebagian besar kader Posyandu sangat luar biasa, mereka sudah paham dengan tugasnya masing-masing untuk melaksanakan kegiatan di Posyandu. Seperti mereka berperan dalam melakukan tugas sesuai fungsinya misal pendaftaran, penimbangan, pencatatan dan penyuluhan, Jelas Dwi pada Jum’at (26/05/23)

Ia juga menuturkan, selain monitoring dan evaluasi, kegiatan kali ini juga dalam rangka mempersiapkan lomba posyandu tingkat Kabupaten Bekasi. Disamping melihat peran kader sesuai tugas dan fungsinya, pihaknya juga mengecek kelengkapan administrasi Posyandu yang meliputi kelembagaan Posyandu,  pengelolaan Posyandu,  data kelengkapan administrasi,  serta sarana peralatan administrasi posyandu itu sendiri.

Tentunya selain memotivasi mereka untuk terus berusaha mendapat juara,  kami juga melihat seperti apa kelengkapan dokumen di posyandu ini. Buku yang harus diisi saat ke posyandu, surat undangan kegiatan,  notulen hasil kegiatan,  serta dokumentasi kegiatan seperti foto, ungkapnya

Dwi berharap melalui lomba Posyandu, peningkatan pengetahuan,  sikap dan keterampilan kader posyandu mengingat posyandu memiliki fungsi vital dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak di masyarakat.

Harapan kami, tidak berhenti sampai di perlombaan saja.  Para kader dapat terus berkontribusi untuk masyarakat baik melalui Posyandu maupun kegiatan lintas sektoral lainnya seperti bekerja sama dengan dinas kesehatan terutama saat ini tengah digalakkan program Sub PIN polio tahap kedua, terangnya

Ketua Pokja Posyandu Desa Sukamekar,  Nuraidah menambahkan, kegiatan Monev kali mendapatkan sambutan baik dari kader Posyandu.  Melalui kunjungan dari DPMD tersebut, para kader diberi arahan dan wawasan untuk meningkatkan pelayanan yang diselenggarakan dalam kegiatan Posyandu.

Alhamdulillah, dengan kegiatan ini kader di desa kami dapat berkembang kedepannya, juga menambah pengalaman untuk pelayanan yang akan datang, ujarnya

Nuraidah mengungkapkan, para kader di desanya terlibat langsung mendampingi tenaga kesehatan melaksanakan Sub PIN Polio tahap kedua.  Mereka membantu agar Balita di Desa Sukamekar senang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kemarin, kader menyiapkan hampir 19 dus susu kotak untuk diberikan kepada para balita yang ikut vaksin Polio di Posyandu Melati VIII. Terlihat antusiasme orangtua yang datang membawa balita nya ke posyandu cukup ramai, ungkapnya.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *