DLH Kabupaten Bekasi Apresiasi Tarum Barat Juara Tanam 1000 Bibit Pohon di Kalimalang

banner 468x60

Oleh:Rizqy Baidawi

Jul 4, 2023 –

Cikarang Pusat – berabonews.com

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi mengapresiasi dan mendukung penuh Forum Tarum Barat Juara yang menggelar aksi penanaman 1000 bibit pohon di area konservasi Kali Malang, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Pusat, pada Selasa (04/07/23).

Kepala UPTD DLH wilayah V, Samsuro Mandiansyah mengatakan, upaya tersebut menjadi wujud serta komitmen dalam menjaga serta melestarikan lingkungan.

Ya, kami dari UPTD wilayah V siap membantu dan merawat untuk memelihara bibit pohon yang sudah ditanam disini dan disiram setiap hari. Jangan sampai bibit yang sudah ditanam ini terbengkalai, ujarnya.

Dirinya menegaskan, reboisasi untuk konservasi Kalimalang ini, tidak hanya terpaku dengan individu saja, melainkan menjadi tanggung jawab bersama bagi semua pihak.

Ya, ini menjadi tanggung jawab bersama untuk anak dan cucu kita ke depannya nanti, saya berharap semua pihak terutama yang berdekatan dengan wilayah ini selalu bersinergi untuk membantu penghijauan ini, tegasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya berencana akan menyediakan sarana dan prasarana, guna mensukseskan program tersebut dalam jangka panjang.

Insya Allah kami juga nanti akan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait terutama yang ada di DLH. Kalau saya lihat di sini belum ada pompa air dan posko, insyaallah kita akan komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar program ini berjalan secara maksimal, tambahnya.

Dirinya berharap, konservasi Kalimalang ini tidak hanya bersifat temporer melainkan dapat berkelanjutan dan konsisten.

Harapan saya untuk ke depannya mungkin kualitas airnya juga agar selalu terjaga, sehingga bantaran kalimalang ini terlihat tertata dengan rapih, harapnya.

Sementara itu, Koordinator Tarum Barat Juara Kabupaten Bekasi, Eko Jatmiko sekaligus sebagai Ketua Bambu Foundation menjelaskan, Forum Tarum Barat Juara merupakan suatu program nasional dari unsur pentahelix yang telah berjalan sejak 6 bulan lalu.

Ya, alhamdulillah program penanaman 1000 pohon ini sedang on progress sebagai tahap awal. Untuk wilayah yang sudah kita tanami tujuannya itu supaya yang masih terjaga dan belum terokupasi oleh bangli (bangunan liar) kita tanami pohon di situ. jelas dia.

Tak hanya itu, dirinya juga menargetkan konservasi Kalimalang tersebut menjadi pusat pembibitan pohon di Kabupaten Bekasi dalam jangka panjang.

Kita berharap ke depan tujuan konservasi kalimalang ini bisa tercapai, tidak hanya kalimalang tapi mencakup Kabupaten Bekasi juga, karena tujuan jangka panjangnya kita sampai tahun 2028, ungkapnya.

Pihaknya berharap aksi penanaman tersebut tidak hanya sebatas seremonial belaka, melainkan melalui berbagai upaya yang digencarkan, konservasi Kalimalang ini dapat terwujud sesuai target dan harapan.

Karena semua kajian segala macam dari Tarum Barat sudah ada, tinggal aksi dan komitmennya saja agar terus berkelanjutan dan lebih digencarkan lagi. Dengan harapan target kita untuk konservasi kalimalang ini bisa tercapai di tahun 2028, harapnya.

Eko menyebutkan, sampai saat ini, pihaknya sudah menanam kurang lebih sebanyak 400 bibit pohon yang ditanam di 3 titik yang berbeda. Melalui dukungan dan koordinasi dengan lintas sektor, pihaknya akan terus berkomitmen untuk memaksimalkan program Tarum Barat Juara ini.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *