Pemkab Bekasi Bentuk Tim Penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani 2023

banner 468x60

Oleh: Rizqy Baidawi

Aug – 3 – 2023 

Pemkab Bekasi menggelar rapat pembentukan Tim Penilai Kampung Bersih Makin Berani di Ruang Rapat, Gedung Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Komplek Pemda, Kecamtan Cikarang Pusat, Kamis (03/08/2023).

Cikarang Pusat – berabonews.com Pemerintah Kabupaten Bekasi membentuk tim penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-73 tahun 2023. Nantinya, tim penilai ini akan mendatangi langsung desa-desa yang diusulkan oleh tiap kecamatan sebagai peserta lomba kampung bersih.

Tim penilai tingkat kabupaten ini melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) diantaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satpol PP, Diskominfosantik, Disperkimtan, Damkar, Dinkes, Dinkop dan UMKM, Disdik, DPMPD, Disnaker, TP-PKK dan perangkat daerah terkait lainnya. 

Sekarang kita sudah merapatkan barisan dengan dinas lain untuk menjadi tim penilai tingkat Kabupaten Bekasi. Yang akan dinilai nanti, adalah kampung atau perumahan yang diusulkan oleh desa dan kecamatan, ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pengelolaan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Mansur Sulaeman, Kamis (03/08/2023).

Ia menjelaskan, untuk kampung yang diusulkan harus sudah dinilai oleh desa dan kecamatan. Penilaian sendiri, mencakup pada kebersihan dan pengelolaannya, ekonomi circular sampah, keindahan lingkungan, ketertiban baik administrasi penduduk maupun penataan parkir, keamanan lingkungan dan inovasi lingkungan.

Setelah data yang diusulkan masuk, barulah dilakukan pengecekan secara langsung oleh tim penilai ini. Apakah benar atau tidak. Sesuai dengan kriteria atau tidak. Sudah ada inovasi atau tidak, lingkungan terjaga atau tidak. Nanti tim penilai yang melihat langsung, jelasnya.

Adapun batas waktu pengusulan Kampung Bersih yakni mulai 6 hingga 13 Agustus 2023. Sedangkan, tim penilai tingkat Kabupaten Bekasi akan mulai melakukan penilaian hasil usulan dari mulai 7 Agustus 2023.

Mudah- mudahan dengan adanya lomba kampung bersih semua kampung berlomba-lomba untuk memperbaiki kebersihan di wilayahnya, kata dia.

Mansur mengatakan, Lomba Kampung Bersih Makin Berani tahun 2023, merupakan lanjutan dari pelaksanaan lomba tahun 2022. Dirinya berharap, pada lomba kedua ini bisa terselenggara dengan lebih baik. Terlebih, dalam pelaksanaan tahun ini kepesertaan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Ada 26 yang nanti akan diambil pemenang, dan hadiahnya banyak, serta piagam penghargaan, ujarnya.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *