Menjadi Urat Nadi Perekonomian Masyarakat, Musrenbang Kecamatan Cibitung Tekankan Konektivitas Wilayah

banner 468x60

Oleh : Rizqy Baidawi

Jan. : 29 – 2024 

Kecamatan Cibitung menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Cibitung, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Cibitung pada Senin (29/01/2024).

Cibitung – berabonews.com

Kecamatan Cibitung menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Cibitung, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Cibitung pada Senin (29/01/2024).

Camat Cibitung, Encun Sunarto mengatakan, sesuai dengan tema musrenbang pada tahun 2025, yakni Peningkatan Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Konektivitas Wilayah yang Berkelanjutan. Pihaknya hari ini menyerahkan usulan program prioritas kepada tim monitoring Musrenbang dari Kabupaten Bekasi.

Ada sebanyak 526 kegiatan yang diupload di SIPD, itu di luar pengajuan melalui proposal kepada dinas teknis seperti sarana sekolah ke Dinas Pendidikan dan sarana kesehatan pada Puskesmas ke Dinas Kesehatan, ujar Encun.

Usulan tersebut berasal dari desa-desa dan kelurahan se – Kecamatan Cibitung, di antaranya, Kelurahan Wanasari 113 kegiatan, Desa Cibuntu 58 kegiatan, Desa Wanajaya 86, Desa Muktiwari 111 kegiatan, Desa  Kertamukti 70 kegiatan, Desa Sukajaya 70 kegiatan dan Desa Sarimukti 18 kegiatan.

Encun menjelaskan, konektivitas wilayah merupakan urat nadi bagi perekonomian masyarakat. Hal tersebut kemudian mendorong lahirnya banyak usulan-usulan dari masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan untuk diteruskan kepada pemerintah daerah agar infrastruktur jalan yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki tahun depan.

Harapan ke depan saya ingin konektivitas jalan-jalan penghubung antar desa bisa dibangun, karena kita melihat di beberapa ruas jalan penghubung antar desa jalannya cukup rusak karena memang pembangunan perumahan cukup pesat, katanya.

Selain jalan penghubung antar desa, dirinya juga meminta agar jalan-jalan milik Kabupaten Bekasi dapat dilebarkan agar kepadatan lalu lintas bisa terurai.

Bisa dilebarkan satu meter di sisi kanan, dan satu meter di sisi kiri. Karena tanahnya sudah ada, jelasnya.

Lebih lanjut, kaitan dengan peningkatan pelayanan publik, pihaknya mengajukan usulan agar pemerintah daerah membangunkan sarana gedung serbaguna di Kecamatan Cibitung. Hal itu tentunya diperuntukkan untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan kebutuhan lainnya.

Di tahun 2025 untuk di lingkungan kantor kecamatan kita memerlukan gedung serbaguna dan penataan halaman. Ini untuk melayani para pemuda kita aktivitasnya sungguh luar biasa, agar kegiatannya bisa dilaksanakan di gedung yang kita punya sendiri, ujarnya.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *