Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Pidie mengadakan Sekolah Lapangan Good Agricultural Practice Pada Komoditi Kakao Dan Kopi.

banner 468x60

Oleh : Sarwaidi ( Kabiro Pidie)

Jun.   : 13 – 2024

Sigli – berabonews.com

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie melakukan Salah satu upaya menggerakkan kan petani kopi dan kakao Distanpan pidie melakukan pendampingan pada dua komoditi strategis  yaitu kakao dan kopi.

Disdataran tinggi kabupaten pidie ini salah satu langkah pola pendekatan untuk membentuk karakter petani perkebunan yang sesuai dengan kriteria yang standar,

Pemerintah pusat mentargetkan dua komoditi tersebut akan berstandar tehnis budidaya dengan didalam nya akan diberikan ilmu praktis budidaya dan praktek langsung oleh para tehnisi yg sudah berpengalaman.                               

Hari ini prospek kakao sangat menjanjikan dengan harga yang sangat bagus belum pernah dalam tiga tahun terakhir harga kakao diatas 100.000.- ini salah satu potensi yg kita miliki hari ini dan insya Allah akan kita bentuk petani yang profesional dalam mengelola perkebunan rakyat.             

Tantangan di komoditi kakao memang berat karena hama penyakit masih menjadi kendala utama ditambah umur kakao di pidie rata rata sudah diatas 20 tahun tentu saja perlu perawatan yang intensif .ditahun ini kita lakukan kegiatan pembinaan untuk empat (4) kelompok tani untuk kakao dan empat (4) kelompok tani untuk.kopi outputnya adalah akan lahir petani petani yang mau dan mampu melaksanakan pemeliharaan komoditi kakao dan kopi dengan pola SLGAP(sar/R1)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *