Kabupaten Bekasi Jadi Daerah Pertama yang Berhasil Terapkan PPDB Online Melalui Aplikasi Layanan Publik

banner 468x60

Oleh : H.Razali Berabo

Jun.   : 27 – 2024  

Acara peluncuran PPDB Online tingkat SMP Tahun Ajaran 2024/2045 melalui super aplikasi layanan publik Bekasi Nyambung Bae (Bebunge) 2.0, di Aula Diskominfosantik, Kecamatan Cikarang Pusat, pada Jum’at (07/06/2024).

Cikarang Pusat – berabonews.com

Kabupaten Bekasi menjadi daerah pertama yang berhasil menerapkan sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online melalui aplikasi layanan publik Bekasi Nyambung Bae (Bebunge) 2.0 yang terintegrasi dengan sistem PPDB online pada jenjang pendidikan SMP. 

Hal tersebut merupakan kemajuan di dunia pendidikan yang berhasil dicapai oleh pemerintah daerah dalam menciptakan mutu pendidikan yang transparan dan berintegritas dalam penerimaan calon siswa.

Secara keseluruhan PPDB online ini berjalan dengan baik, hampir seluruh pendaftaran bisa kita tampung melalui aplikasi ini. Walaupun tentu disesuaikan dengan kapasitas sekolah, tidak bisa semua kita terima, terutama yang memang tidak memenuhi syarat zonasi, kata Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, kepada awak media online berabonews.com usai menghadiri kegiatan CSR PT. Hankook di Desa Cicau, Cikarang Pusat, pada Kamis (27/06/2024).

Dani Ramdan mengatakan, berdasarkan data, sejak dibukanya PPDB online jalur zonasi. Mulai tanggal 12 – 15 Juni 2024 dan dilakukan verifikasi pada tanggal 16 Juni, jumlah pendaftar yang berhasil direkap melalui Aplikasi Bebunge sebanyak 33.268 peserta. Sedangkan yang telah diterima sebanyak 22.760 siswa.

Sedangkan untuk Jalur Afirmasi pendaftarannya kita buka pada tanggal 19-20 Juni 2024, jumlah pendaftarnya sebanyak 5.143 siswa dan diterima sebanyak 3.629 siswa. Ada juga Jalur PTOW yang dibuka pada tanggal 24-25 Juni, pendaftarnya sebanyak 594 peserta dan diterima sebanyak 425 siswa, jelasnya.

Menurutnya, keunggulan PPDB online ini dapat mencegah kecurangan oleh oknum tertentu. Sebab validasi yang dilakukan oleh sistem yang ada di dalam aplikasi sudah sangat ketat dan menggunakan teknologi yang canggih.

Jadi sudah tidak ada yang bisa memanipulasi data, kalau ada langsung kita coret. Jadi kita cek melalui Kartu Keluarga dan Dapodik, sehingga validasi jauh lebih fair, tegasnya.

Selain jalur pendaftaran tersebut, Dani menyebutkan masih ada kesempatan melalui Jalur Prestasi dan Jalur Sisa Kuota yang dapat diikuti oleh para calon peserta didik baru yang dapat diakses melalui Aplikasi Bebunge.

jalur Prestasi Akademik dan Jalur Prestasi Non Akademik akan kita buka pendaftaran pada tanggal 28-29 Juni 2024, sedangkan Jalur Sisa Kuota akan dibuka pada tanggal 5-6 Juli 2024. Kami berharap jalur ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, ujarnya.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *