Tangani Stunting, Camat Cibitung Optimalkan Peran Seluruh Stakeholder

banner 468x60

Oleh : H.Razali Berabo

Jun.   : 25 – 2024    

Camat Cibitung Encun Sunarto

Cibitung – berabonews.com

Camat Cibitung Encun Sunarto menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektoral yang ada di wilayahnya, mulai dari peran serta Muspika, Puskesmas, aparatur desa maupun kelurahan untuk memastikan upaya penanganan stunting dapat lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal.

Bulan Juni ini dari pihak Puskesmas akan mendata ulang berapa jumlah stunting yang ada di wilayah kita. Dan berapa jumlah potensi-potensi stunting agar kita melakukan penetrasi nanti dengan benar, ungkapnya ditemui pada Selasa (25/06/2024).

Selain mengimbau kepada petugas di lapangan agar cermat dalam melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan balita, Encun menyampaikan, agar aparatur Desa dan Kelurahan di wilayahnya dapat mengoptimalkan Anggaran Dana Desa untuk program Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Seluruh desa sudah melaksanakan kegiatan dan berkoordinasi baik dengan Puskesmas, Posyandu serta petugas kesehatan terkait apa saja yang dibutuhkan untuk penanganan stunting. Termasuk makanan tambahan, dan kita pantau selama tiga bulan ini, jelas Encun.

Dalam intervensi stunting ini, pihaknya juga memberikan edukasi dan imbauan dalam setiap kesempatan melalui kader PKK dan kader Posyandu, agar ibu hamil dan yang memiliki balita dapat terhindar dari risiko stunting.

Bersama dengan stakeholder terkait lainnya juga keterlibatan pihak swasta serta instansi perangkat daerah lainnya, yang tergabung dalam Liaison Officer (LO). Encun menyampaikan apresiasinya atas kontribusi nyata yang telah diberikan untuk masyarakat Kecamatan Cibitung khususnya.

Alhamdulillah Pak Bupati kemarin telah memberikan Surat Perintah untuk membentuk LO, sehingga dalam intervensi stunting ini kita tidak sendiri. Tetapi dibantu juga oleh pihak swasta serta dinas-dinas terkait yang telah ditunjuk. Dan atas nama Pemerintah Kecamatan Cibitung kami menyambut baik dan berterimakasih atas langkah kolaboratif yang telah dilakukan untuk menuntaskan permasalahan stunting ini, tutupnya.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *