Pj Bupati Bekasi Dorong Pemanfaatan Dana Desa Secara Akuntabel dan Transparan     

banner 468x60

Oleh : H.Razali Berabo

Jun.  : 28 – 2024  

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan membuka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2024, Sekaligus menyerahkan penghargaan bagi desa-desa atas capaian pengelolaan azet keuangan dari (BPKP) Provinsi Jabar. Bertempat di Ballroom Hotel Holiday Inn Jababeka, Cikarang Selatan. Jum’at, (28/06/2024).

Cikarang Selatan – berabonews.com

Peningkatan kapasitas SDM aparatur pemerintah desa dalam mengatur dan mengelola keuangan desa merupakan aspek penting mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan. Dimana pemanfaatan dana desa harus selaras dengan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan sebagaimana peraturan yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, saat membuka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2024 Pada Pemerintah Kabupaten Bekasi, di Hotel Holiday Inn Cikarang, pada Jum’at (28/06/2024).

Selain pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan tepat sasaran, kita juga perlu memastikan sumber daya manusianya dalam membangun komitmen menciptakan pembangunan desa yang inklusif dan berkelanjutan, istilahnya man behind the gun. Jadi workshop ini adalah investasi kita membangun SDM yang handal kedepannya, ungkapnya.

Dani Ramdan menyampaikan, di Kabupaten Bekasi sendiri anggaran desa dari tahun ke tahun terus meningkat. Baik yang berasal dari APBN yakni dana desa, maupun Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD. Tentunya ini menjadi tantangan bagi desa agar dapat mengoptimalkan dana yang ada untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Melalui workshop ini, diharapkan dapat menemukan langkah solutif atas berbagai persoalan optimalisasi pengelolaan keuangan desa yang efektif dan efisien, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada Desa Berprestasi. Dengan kategori juara sebagai berikut:

Kategori Desa Pengelolaan Keuangan terbaik

1. Desa Sukamekar, Kecamatan Sukawangi

2. Desa Sukahurip, Kecamatan Sukatani

3. Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu

Kategori Desa Pengelolaan Aset tetbaik

1. Desa Medal Krisna, Kecamatan Bojongmangu

2. Desa Bojongmangu, Kecamatan Bojongmangu

3. Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan

Kategori Bumdes yang berhasil

1. Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan

2. Desa Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan

3. Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara

Workshop yang diselenggarakan bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat tersebut, turut dihadiri oleh Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bekasi, Camat se-Kabupaten Bekasi, Kepala Desa se-Kabupaten Bekasi, Pimpinan BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Serta menghadirkan beberapa narasumber, yakni Anggota Komisi XI DPR RI, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, dan Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Barat.(adv)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *