Ketua RW , Pian Sopian Selamatkan Warga dari Terjangan Longsor Cibadak Sukabumi

banner 468x60

Oleh : Rizqy Baidawi  Jan   : 24 – 2024

Pian Sopian, Ketua RW 11 Kampung Cibatu Hilir

Sukabumi – berabonews.com

Rabu (24/01/24), sebuah laporan masuk ke telepon seluler Pian Sopian, Ketua RW 11 Kampung Cibatu Hilir, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Laporan itu tentang retaknya rumah-rumah warga di kampung tersebut.
Lokasi kediaman Pian tidak terlalu jauh dari tempat kejadian. Ia bergerak cepat langsung menuju lokasi. Belum ada suara gemuruh saat itu, ia hanya fokus mengetuk pintu rumah warga dan meminta mereka keluar dari dalam rumah.

Saya mendapat laporan sekitar pukul 05.45 WIB, warga mengabarkan rumahnya sudah retak-retak. Saya langsung ke lokasi, tanah dekat tebing di Perumahan Atlantis sudah mulai retak-retak dan turun pela-pelan,” kata Pian saat ditemui detikJabar di lokasi kejadian.

Pian terlihat basah kuyup. Ia mengenakan jas hujan plastik didampingi tim BPBD. Raut wajahnya terlihat kelelahan, maklum saja ia berlarian dari rumah ke rumah di permukiman padat tersebut.

Warga saya evakuasi semua, saya minta untuk keluar dari rumah masing-masing. Alhamdulillah, tidak ada korban warga satupun, hanya materi mungkin ya karena kondisi longsor, ujarnya.

Begitu warga berhasil menyelamatkan diri, saat itu baru 8 rumah yang terdampak tebing perumahan. Pian juga menyebut kondisi tanah hingga saat ini masih terus bergerak.

Saat saya di sini sekitar delapan rumah yang kena atau hancur. Sementara ada 12 sampai 14 rumah yang kondisinya terancam, rawan. Kalau lihat keadaan masih berlanjut masih turun tanahnya, saya minta tolong antisipasi, kalau hujan deras, debit air dari atas tidak terbendung, sementara ini (permukiman) kondisinya sangat rendah, tuturnya.

Untuk penyintas saya ungsikan ke lokasi yang aman, biarkan hartanya yang penting jiwanya selamat, tambah dia.(R1)

"

Pos terkait

"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *